Pengertian Orde Reformasi Menurut Para Pakar


Orde Reformasi


pengertian orde reformasi adalah sebagai berikut:
Orde Reformasi  merupakan suatu orde yang mengharapkan adanya penerapan hukum dan tatanan sesuai dengan Peraturan yang ada, yaitu sesuai dengan PANCASILA DAN UUD 1945.

Latar Belakang Orde Reformasi.

adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan pemerintahan pada masa Orde Baru diwarnai adanya praktek pelaksanaan korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  2. Presiden Suharto kebijakanya tidak dipercaya publik,
  3. Adanya demonstrasi besar-besaran di seluruh Indonesia
  4. Peristiwa Semanggi yang telah membunuh Mahasiswa Trisakti sebanyak 4 orang ( Hafidin Royan, Elang Purnama, Hendriawan, dan Elang Mulia
  5. Hutang Luar Negeri membumbung tinggi,
  6. Pelaksanaan Demokrasi diwarnai intimidasi dari penguasa,
  7. Hukum tidak berjalan sebagaimana sasarannya
  8. Harga barang naik tajam
  9. banyak PHK
  10. Kabinet penuh Nepotisme.
Setelah ada kejadian-kejadian tersebut diatas  dan gedung DPR/ MPR diduduki massa selama berhari-hari, sedangkan pihak keamanan nasional tidak mengatasi, maka pada tanggal 21 mei 1998 Presiden Suharto mengundurkan diri di Istana Negara, Peristiwa ini dikenal dengan tumbangnya ORBA dan berganti Orde Reformasi.

 
Pengertain Orde Reformasi
Pengertain Orde Reformasi

Reformasi secara umum

Reformasi secara umum berarti perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa. Reformasi dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

Reformasi Protestan

Kata Reformasi sendiri pertama-tama muncul dari gerakan pembaruan di kalangan Gereja Kristen di Eropa Barat pada abad ke-16, yang dipimpin oleh Martin Luther, Ulrich Zwingli, Yohanes Calvin, dll.

Reformasi Katolik

kadang disebut "Kontra Reformasi", adalah periode pembaruan pada Gereja Katolik yang diawali dengan Konsili Trente sehubungan dengan struktur gerejani, tarekat religius, gerakan kerohanian, dan dimensi politis. Beberapa tokoh yang menonjol diantaranya: St. Pius V, St. Ignatius Loyola, St. Teresa dari Avila, St. Yohanes dari Salib, St. Fransiskus dari Sales.

Reformasi Indonesia

Di Indonesia, kata Reformasi umumnya merujuk kepada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan presiden Soeharto atau era setelah Orde Baru, yaitu era reformasi.


sumber : Wikipedia

Post a Comment