Sejarah Penyebaran Islam Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur





Penyebaran Islam Jawa Tengah dan Jawa Timur Adalah sebagai berilkut:
Akibat perang saudara dan pertentangan antar bangsawan pada permulaan abad 5 Pemerintah Pusat Majapahit telah lemah. Bandar-bandar pesisir Jateng dan Jatim, seperti: 
  • Demak
  • Jepara
  • Tuban
  • Gresik
  • Surabaya 
Sejarah Penyebaran Islam Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur
Sejarah Penyebaran Islam Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur
Baca juga:
Pemerintahan Kerejan Kediri Berdasarkan Raja Yang Berkuasa
Sejarah Dan Perkembangan Kerajaan Kediri Menurut Para Ahli
Sistem Pemerintahan Orde Baru Menurut Para Ahli
Sejarah Lahirnya Orde Baru


sebagaian besar tidak lagi menghiraukan Pemerintah Pusat Majapahit. Bandar-bandar tersebut hakekatnya mulai tumbuh menjadi kerajaan-kerajaan kecil yang bebas merdeka. Berkat hubungan dagang yang erat dengan Malaka lambat laun para penguasa bandar-bandar itu banyak yang masuk menganut agama Islam. 
Dari kota-kota itu selanjutnya agama Islam tersiar ke daerah pendalaman dan juga daerah-daerah Indonesia yang lain seperti Maluku. Adapun pusat dan benteng Islam di Jateng-Jatim ialah Demak dan Gresik.
Penyebaran Islam oleh Wali Songo

Sejarah penyebaran agama Islam di Jawa tidak bisa dipisahkan dengan peranan dan jasa para wali. Sebutan wali adalah kependekan dari perkataan Wali’ullah, artinya sahabat Allah atau orang-orang yang sangat dekat dengan Allah. Wali mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang agama serta sanggup berjuang demi kepentingan agama. Jumlah Wali dianggap sembilan, meskipun sebenarnya banyak sekali. 

Hal itu mungkin berhubungan dengan suatu kepercayaan yang menganggap sembilan merupakan bilangan yang keramat. Meskipun wali-wali itu guru-guru besar agama dan penyebar agama Islam, namun ada juga Wali yang akhirnya memegang peranan penting dalam bidang politik, pemerintahan.
Misalnya Sunan Gunung Jati atau Fatahillah. Beliau adalah pendiri kerajaan Banten-Cirebon, bahkan akhirnya menjadi Sultan Cirebon hingga wafatnya. Dalam melakukan penyebaran Islam, para Wali mendirikan perguruan-perguruan, tempat menggembleng murid-murid yang militan dan luas pengetahuannya.

Sekian uraian tentang Sejarah Penyebaran Islam di Indonesia. 
Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

saya atas nama lapakilmu.com mohon maaf bila mana terdapat kesalahan dalam penulisan artikel dan materi yang saya sajikansaya berusaha memberikan yang terbaik semoga bermanfaat


Post a Comment