cara memasang antina para bola dengan baik dan benar


caranya adalah sebagai berikut

Pertama kalian  harus membeli peralatan antena parabola (tipe dish mesh atau jaring ato juga dish solid) terserah mau ukuran antena parabola yang kecil maupun yang besar (cara mengetahui ukuran antena parabola bisa lihat pada tabel kalkulasi jarak antara LNB ), disarankan/memulai dari peralatan parabola yang sering ditemukan saat ini (dish 6 feet solid paling mudah di dapat untuk saat ini dengan merek matrix atau juga venus karena kedua merek itu yang paling sering di temui di setiap kota maupun di pelosok-pelosok Indonesia denga harga yang murah & pas di kantong kalangan menengah kebawah dengan harga di kisaran Rp. 600 ribuan ) berikut alat penerima  atau receiver atau decoder DVBS ( Digital Video Broadcasting Satellite )
cara lebih lengkap

Bagusnya receiver yang bisa blind scan atau mencari buta (receiver ini bisa mencari sendiri semua chanel yang ada di setiap satelit, untuk yang standar dengan harga murah bisa di cari Matrix Prolink HD Ethernet atau Venus HD, seri Skybox HD), Low Noise Block frequensi (LNBF) (LNBF C Band, LNBF KU Band) yang akan di letakkan di bagian atas dish atau antena parabola, merek bisa apa saja matrix, yuri, hansen, unisat, digisat, Fuji santech ( harga berfariasi mulai dari Rp. 100 ribu hingga di atas Rp. 400 ribu ) & merek lainya yang ada di pasar. Peralatan pelengkap yang harus disediakan untuk instalasi antena parabola:

cara memasang antine para bola
cara memasang antine para bola

Baca juga
Cara mengkoneksikan komputer menggunakan LAN Terlengkap 
Cara Melihat Spek Laptop Atau Komputer Terlengkap

siapkan pelatan seperti dibawah ini

  • Kunci Ring, pas ukuran 10, 12, 13,17, 19 (kebanyakan ukuran ini yang di pakai pada antena parabola)
  • Palu.
  • Obeng (akan di gunakan pada pengaturan LNB)
  • Kompas (untuk menentukan perkiraan arah mata angin / menentukan arah antena parabola pada awalnya ke Barat, Timur, Utara & Selatan, LNBF C band arah 0 ke Barat, LNB KU band arah konektor ke Utara mata angin Yang punya hp smart phone android bisa gunakan fasilita kompas & dish pointer.
 baca lebih jelas
Tanamkan tiang penyangga / dudukan mounting antena parabola, tegak lurus dengan cara di lihat dari sudut yang berbeda juga. (Tinggi tiang sebaiknya di sesuaikan dengan postur tubuh Anda sehingga mempermudah pengaturan antena parabola nanti, pilih lokasi untuk menempatkan antena bebas dari hambatan, tembok, pohon, dll yang bisa menghalangi arah pencarian nantinya).

Tempatkan dish / antena parabola pada dudukan dish yang di pancangkan terlebih dahulu (saat Anda menggunakan bahan semen pada dasar tiang, Anda harus menunggu sampai semennya keras & siap untuk di tempatkan antena parabolanya). Usahakan posisi dish tegak lurus.
  
Agak kencangkan baut-baut penahan yang ada di pangkal antena (adanya di bagian mounting) yang di tempatkan sesuai tingkat 2 sehingga bisa di gerak-gerakkan untuk mencari arah mata angin Barat, Utara juga sudut kemiringan antena terhadap garis katulistiwa.
   
Pasang LNB di antenna parabola dilanjutkan dengan memasangkankonektor F untuk menghubungkan antena ke receiver.

Hubungkan konektor F dari antena ke receiver (hubungkan juga kabel dari receiver ke monitor tv pakai vga, component, HDMI cable) .
   
Program satelit / parameter transponder satelit, chanel yang akan kita cari, masukkan salah satu chanel untuk di jadikan acuan mendapatkan chanelsatelit yang akan kita tampilkan (pada kolom bagian atas itu untuk melihat kekuatan signal LNB (kwantitas signal), kolom di bawahnya untuk melihant kekuatan signal (kwalitas signal) dari chanel yang akan kita cari / tampilan ini sering ditemukan pda receiver biasa (DVB Mpeg-2) kalau menggunakan LNBF C Band maka pengaturan freq. LO (Local oscilator) LNB pilih 5150.
   
Tahap ini sudah bisa menemukan chanel dengan melihat pada monitor Anda, coba pindahkan ke kiri kanan untuk mendapatkan arah Barat / Timur yang merupakan arah orbit satelit, dorong ke atas bawah sambil melihat pada bar kolom kualitas signal di monitor biasanya di tandai dengan anka dan persen ( %), program sampai signal terkuat / maksimal di dapat, sambil mengencangkan baut-baut yang ada pada pangkal antena parabola / penahan mounting & aktuator / besi penyangga antena (arah Barat ke Timur), jika Anda memiliki motor penggerak / aktuator bisa langsung di pasang sehingga nantinya kendali untuk menaikkan & menurunkan arah antena parabola langsung dari positioner atau bisa juga langsung dari receiver.
     
Atur di receiver, cari menu untuk pilihan scan otomatic / auto scan / cari buta Tunggu sampai semua chanel muncul kemudian tekan OK untuk save / simpan. Disini Anda sudah bisa menikmati gratis chanel Free To Air.
Dan jangan  lupa ketika antena parabola di pasang pastikan jangan ada penghalang, atau ketutupan oleh pohon/ bangunan agar nantina punya kualitas signal yang baik.


Sisi teknisi  pengaturan antena parabola
segi teknis langkah-langkah diatas berlaku juga buat pasang LNB KU Band hanya perbedaan dudukan LNB & arah konektor yang berbeda. Untuk LNB KU Band arah konektor menghadap Utara, tapi ada juga yang harus menghadap arah lain konektornya, misalnya untuk pointing ke satelit Optus Australia.

  
Memaksimalkan signal frekwensi chanel dengan polarisation H (Horisontal) pengaturannya coba naik atau turunkan LNB, jarak antara antena parabola ke LNB umumnya di kisaran angka 36, 38 untuk ukuran antena parabola 6/8 feet, dish ram / ​​jaring 9/10 feet program di angka LNB 38, 42, tinggal disesuaikan dengan memaksimalkan signal yang bisa di kunci dengan sempurna (fungsi angka - angka di LNB itu untuk menentukan jarak akurasi antara dasar / fokus antena parabola dengan dudukan LNB dan dapat  menghasilkan kwalitas signal penangkapan yang maksimal).

Untuk memaksimalkan signal frekwensi chanel dengan polarisation V (Vertikal) program sambil diputar arahnya yang kira-kira terdapat sinyalnya LNB tanpa merubah angka jarak antara antena parabola ke LNB.
Semoga bermafaat
Bila kurang jelas bisa melihat di buku panduannya
Baca selengkapnya



sumber : lapakilmu.com



saya atas nama lapakilmu.com mohon maaf bila mana terdapat kesalahan dalam penulisan artikel dan materi yang saya sajikansaya berusaha memberikan yang terbaik semoga bermanfaat

Post a Comment